Wednesday 7 August 2019

Perlengkapan MPASI Baby K

1


Pict source : Pinterest


Masa-masa baby K mau mulai MPASI adalah salah satu masa-masa yang paling galau. Karena banyak informasi yang berbeda tentang MPASI, ada yang bilang menu tunggal dulu dan ada juga yang bilang kalau langsung menu 4* aja (sekarang kalau ngga salah istilahnya udah ganti jadi 4 kuadran, cmiiw). Di postingan kali ini aku ngga mau bahas tentang mana yang bener atau salah, tapi sebagai referensi dulu aku (hampir) tiap hari mantengin ignya dr. Meta Hanindita untuk kepoin tentang MPASI ini. Jadi silakan langsung mampir ke TL-nya beliau aja yaa in syaa Allah lengkap dan jelas karena semua yang beliau jelaskan sudah ada referensinya.

Baby K mulai MPASI pas banget di umur 6 bulan (alhamdulillah pas di hari Sabtu jadi emak bapaknya bisa temenin 😂). Nah aku mau sharing perlengkapan MPASI apa aja yang digunakan Baby K. Sebenernya tiap keluarga pasti beda-beda sih kebutuhan perlengkapan MPASInya, boleh disesuaikan masing-masing aja yaa kira-kira yang digunakan Baby K akan bermanfaat buat kalian atau ngga. Berikut listnya :

1. Slow Cooker
Aku pakai slow cooker karena dapet dari kado ahaha jadi kalau ada yang nanya penting atau ngga slow cooker ini, aku jawabnya penting ngga penting siih. Kalau ada  budget lebih gapapa banget dibeli, tapi kalau ngga mah bikin MPASInya pake panci biasa pun ngga masalah. Aku pakai slow cooker yang baby safe, alhamdulillah ngebantu meringankan pembuatan MPASI di awal-awal baby K mulai makan. Slow cooker baby safe yang aku gunakan ini punya 3 mode masak yaitu 2 jam, 3 jam, dan 4 jam. Kapasitasnya 0,8 L. Buatku yang bekerja, ini ngebantu banget karena aku ngga perlu harus mantengin tiap saat, cukup aku pencet waktu memasaknya sesuai yang dibutuhkan. Jadi aku bisa sambil kerjain yang lain, sambil nunggu menu MPASInya matang. Tapi aku pakai ini hanya sekitar 4 bulanan, setelah baby K naik tekstur aku mulai pakai panci biasa karena aku bisa mengatur tekstur makanan sendiri sesuai kebutuhan baby K. Kalau pakai slow cooker kadang teksturnya ngga sesuai keinginan, karena beda bahan beda kebutuhan airnya jadi aku suka ngga sreg sama hasil akhirnya.


Pict source : Google

2. Booster Seat
Dari awal persiapan MPASI, aku dan suami udah sepakat kalau kami akan mengajarkan baby K untuk makan sambil duduk. Makanya booster seat ini salah satu perlengkapan MPASI yang penting untuk kami. Aku dan suami pengennya baby K tau kalau makan harus sambil duduk, ngga sambil jalan-jalan atau digendong. Alhamdulillah penerapan ini sampai saat ini berhasil untuk baby K, karena aku juga menerapkan kalau baby K ngga mau makan ya udah aku stop makannya, ngga aku paksa atau rayu-rayu sambil digendong atau diajakin jalan supaya dia tau kalau waktunya makan ya duduk dan ada jamnya. Aku beli booster seat yang merk pliko kayak gini :

Pict source : Google

3. Food Masher
Food masher ini bergunaa banget waktu MPASI baby K masih awal-awal, karena makannya masih yang lembut-lembut kan. Jadi aku suka ngehancurin buah untuk cemilan baby K pakai food masher ini. Cara pakainya gampang banget dan cepet ngehancurin buahnya jadi aku ngga perlu repot-repot ngehancurin pake blender 😄 Aku pakai food masher baby safe ini :
Pict source : Google

4. Straw Cup
Banyak banget tempat minum yang udah kita cobain untuk baby K tapi susah banget nemu yang cocok. Seringkali tempatnya bagus, lucu, tapi bocor 😂 Akhirnya setelah berkali-kali trial and error ngasih tempat minum yang oke, pilihan kita saat ini adalah straw cup dari avent. Sedotannya gede jadi baby K ngga susah nyedotnya, dan yang paling penting kalau dimiringin bahkan kita coba balikin (tutupnya menghadap ke bawah), airnya ngga tumpah. Makanya kita langsung suka banget 😆 Salah 1 kekurangannya cuma : straw cup avent ini ngga ada pemberat di bawah sedotannya, jadi kadang baby K susah nyedotnya kalau airnya udah dikit.

Pict source : Google

5. Food Container
Aku beli beberapa jenis food container tergantung dari kebutuhan tekstur makan baby K. Jadi ada beberapa food container yang aku rekomendasikan di sini. Menurutku penting banget karena awal-awal MPASI kan makananya masih lembuut banget dan sedikit, jadi ngga mungkin pakai food container yang aku gunakan waktu baby K udah 10 bulan karena ketika 10 bulan teksturnya udah menyerupai makan orang dewasa sehari-hari dan porsinya pun mulai banyak. Semuanya oke menurutku, berfungsi sebagai mana mestinya. 

Pict source : Google

Food container ini aku gunakan ketika baby K berumur 6-8 bulan, aku suka food container ini karena tahan panas dan dingin. Bahannya juga baguus, ada petunjuk berapa ml makanan yang udah kita masukin ke food containernya jadi ngebantu banget untuk kita tau ukuran makanan yang udah dimasukin atau yang dihabiskan sama baby K.

Pict source : Google

Food container babymoov ini adalah yang terbaik menurutku. Bahannya lebih tebel dari baby safe dan karena warnanya bening jadi lebih jelas. Tutupnya pun rapet banget dan warnanya lucu-lucu. 😍

Pict source : Google

Kalau ini food divider baby safe, biasanya aku pakai kalau bawain nasi dan lauk untuk baby K ke daycare. Aku suka dengan food divider ini karena ada tempat nyimpen sendoknya jadi bikin ngga berantakan ketika dibekelin ke daycare.

Semoga list perlengkapan MPASI ini bermanfaat buat buibuk yang lagi galau cari perlengkapan MPASI buat bayiknya yaa, semangat buibuk! 💓

P. S : jangan lupa baca postingan Andaruni di tanggal 7 Agustus ini tentang dokter anak favorit nya ya 💓

Thank you for reading!

With 💖,

NSW

1 comment:

  1. Bermanfaat bangetttt jadi kebayang wishlist buat mpasiii. Makaciii bgt sisst 😍

    ReplyDelete