Friday 6 September 2019

Essential Tools For Working (and Breastfeeding) Mom

3





Sejak mantap memutuskan untuk tetap bekerja setelah melahirkan, aku mulai mencari tahu apa saja kira-kira barang yang aku butuhkan untuk mendukung keinginanku untuk terus mengASIhi baby K walau pun nanti ngga bisa selalu direct breastfeeding. Jadi aku juga mau share buat buibuk yang lagi galau mau cari barang yang dibutuhkan saat nantinya harus kerja lagi dan mau stok ASIP demi kelancaran program mengASIhinya 😉

So here's the list :

1. Breastpump

Tentunyaa breastpump adalah koentji! Pencarian breastpump (yang selanjutnya akan aku singkat jadi BP) pun melalui proses galau yang panjaang. Sering banget gonta ganti pilihan sampai akhirnya pilihanku jatuh ke BPnya pigeon yang manual. Aku pilih itu karena harganya yang sesuai budget, reviewnya juga banyak banget yang bilang bagus di antara pilihan berbagai merk BP manual.

pict source : google

Untuk perintilan BPnya menurutku ngga terlalu banyak, jadi nyucinya pun ngga ribet dan ngga lama menurutku. Minusnya hanya agak pegel aja sih pas pumpingnya, karena kan kalau mau ASInya ketarik, ya harus dipompa manual pakai tangan jadi kalau ngga mau pegel yaa jangan pilih BP yang manual ya! 
Ketika pertama pakai, aku sih langsung cocok. Awalnya agak takut sakit, takut ngga pas sama payudaraku dan bikin ketarik yang bisa buat ngga nyaman, tapi ternyata alhamdulillahnya nyaman banget. Tarikannya lembut, dan ada 2 pilihan tarikan juga (lihat yang warna merah bagian atas, ada 2 bulatan untuk mode tarikan). Awalnya aku akan stel tuasnya di bulatan pertama untuk sensasi memijat supaya menstimulasi ASI untuk keluar, nanti setelah kira-kira 5-10 menit baru aku ubah ke bulatan ke 2 supaya tarikannya lebih kencang dan ASInya lebih banyak keluarnya. Oh ya, kalau dalam keadaan payudara penuh banget, biasanya aku akan lebih lama pakai mode "memijat" supaya ngga sakit waktu memompanya (kebayang kaan kalau payudara lagi penuh, kalau kesenggol aja sakit 😂) nanti kalau udah kerasa agak kempes payudaranya, baru aku ganti ke mode yang lebih kencang tarikannya.

2. Tas ASIP

Nah untuk tas ASIP aku ngga begitu banyak cari sih, karena aku udah tau akan beli yang merek GABAG. Dan alhamdulillahnya sahabatku ngasih kado tas ASIP ini jadi ngga perlu beli deh 😆 Aku pribadi suka sama tas ini karena banyak motif yang eyecatching dan bisa menjaga kualitas stok ASIPku dengan baik karena bahan tasnya yang udah diatur sedemikian rupa oleh produsennya. Pernah beberapa kali aku harus dinas keluar kantor dan bikin aku ngga bisa menyimpan stok ASIP di kulkas kantor jadi ASIPnya aku simpan di tas GABAG dengan 2 ice bag, alhamdulillahnya ketika udah di rumah, ASIPnya tetap bagus dan tetap dingiin. Oh ya waktu beli tas GABAG ini udah sepaket sama icebag nya 2 pcs yaa.

3. Wadah ASIP

Waktu awal-awal stok ASIP, aku pakai kantong ASI merknya Natur. Aku pilih untuk menggunakan kantong ASI karena aku berencana untuk stok ASIP yang banyak untuk mencukupi kebutuhan ASI baby K ketika aku udah kerja nantinya. Kalau dari awal udah menggunakan botol sebagai media penyimpanan ASIP, freezerku akan cepat penuh dan malah bikin stoknya ngga banyak.
Aku pilih kantong ASI merk Natur karena kantong ASInya bisa muat banyak dan ketika posisinya tidur, kantong ASInya bisa bener-bener gepeng dan bikin ngga terlalu "makan tempat". Jadi setelah aku pumping dan menyimpan hasilnya di kantong ASI Natur ini, aku posisikan kantong ASInya tidur dulu, nanti setelah beberapa jam kemudian ketika ASIPnya udah beku dan udah gepeng, baru aku berdirikan kantong ASInya supaya bisa kasih ruang lebih untuk stok ASIP yang lain.
Selain Natur, aku juga pernah beli kantong ASIP merk Gabag yang gambarnya berbagai makanan. Memang lucu sihh, tapi aku tetep lebih suka yang merk Natur karena bisa muat lebih banyak. Oh ya, kantong ASI Gabag ini pun ngga bisa gepeng walau pun udah disimpan dengan posisi tidur 😅
Aku juga beli botol kaca untuk ASIP, tapi kekurangannya botol kaca ini tuh ngga bisa muat banyak dan kadang tutupnya suka lepas sendiri kalau aku isi ASIPnya kebanyakan. Mungkin karena perbedaan suhu yang bikin tutupnya jadi gampang lepas. Jadi buibuk yang pakai botol kaca sebagai media penyimpanan ASIPnya, hati-hati ajaa jangan sampai tutupnya lepas. Nanti ASIPnya jadi kebuang karena terkontaminasi udara (karena kadang ngga tau kebukanya dari kapan, jadi daripada memaksakan untuk tetep dikasih ke bayi padahal kita ngga tau ASIPnya udah terkontaminasi dari kapan, kalau aku sih lebih memilih untuk membuangnya daripada ada resiko yang kita ngga tau).

4. Ice Bag

Selain ice bag yang aku dapat dari Tas ASIP Gabag, aku juga beli 2 pcs ice bag lagi untuk jaga-jaga siapa tau sewaktu-waktu akan aku butuhkan. Aku pakainya gantian aja sih, hari ini merk Gabag besoknya aku pakai yang merk bebiso (aku beli merk ini karena hanya merk bebiso aja yang waktu itu available di Yen's deket rumah, ngga ada alasan khusus). Dan ternyata ice bag ini kepake waktu aku mau pindahan dari Bandung ke Bekasi. Waktu itu stok ASIPku udah ada beberapa puluh pcs, jadi ngga cukup kalau dibawa hanya menggunakan tas ASIP. Jadi aku pakai cooler bag, dan di dalemnya aku selipin 4 ice bag ini supaya menjaga suhu supaya ASIPnya ngga mencair (karena perjalanan Bandung-Bekasi kan lumayan makan waktu beberapa jam). Alhamdulillahnya ASIPku waktu itu masih tetep beku walau pun udah dibawa perjalanan lumayan lama.

5. Apron menyusui

Apron ini berguna bangeet kalau harus menyusui atau pumping di tempat umum. Aku yang pekerjaannya sebagai rekruter, kadang harus tes di lokasi yang ngga ada tempat untuk pumping atau ada tempat untuk pumping tapi ngga ada waktu untuk bolak balik saking hecticnya 😅 Jadi daripada ngga pumping, aku pilih untuk tetep pumping dengan menggunakan apron ini supaya tetep bisa pumping tapi ngga terlihat sama orang lain. Tipsku, pilih apron menyusui yang tertutup depan-belakang supaya tetap bisa digunakan di mana pun dan kapan pun 😆

6. Freezer

Dengan berbagai pertimbangan, akhirnya aku dan suamik memilih untuk sewa freezer aja daripada beli. Freezer ini penting banget menurutku, karena bisa menyimpan ASIP banyak dan lebih lama (bisa sampai 6 bulan!). Minusnya hanya bikin listrik jadi cepet habis karena lumayan banget ngabisin listriknya 😂 Waktu itu aku sewa freezer di @sewafreezer, harga sewanya terjangkau banget dan pelayanannya juga bagus. Untuk masa sewanya minimal 3 bulan di awal, selanjutnya bisa diperpanjang per bulan. Waktu itu pertama kali aku sewanya di Bandung, setelah 1 bulan aku alihkan peminjamannya ke Bekasi dan alhamdulillahnya bisa dan prosesnya pun mudah. Aku hanya menambah biaya ongkos antar jemputnya aja yang menurutku masih terjangkau. Ketika pengantaran pertama di Bandung, orang yang mengantarnya baik banget (aku lupa namanya siapa), beliau menjelaskan cara pemakaian freezernya dengan baik dan sangat jelas. Sayangnya ketika pengantaran freezer yang di Bekasi, orang yang mengantarnya sepertinya bukan staffnya sehingga aku ngga bisa bertanya apa pun. Tapi overall aku puas sekali dengan pelayanannya.

7. Sterilizer

Awalnya, aku belum punya sterilizer dan emang belum dimasukin ke to buy list. Jadi aku selalu steril secara manual peralatan pumpingku, yaitu dengan disiram air panas. Tapi setelah aku kembali bekerja, ternyata steril dengan cara kayak gitu lumayan nguras waktu dan tenaga 😂 Nah waktu alhamdulillahnya ada temen yang mau kasih kado dan ngasih aku kebebasan untuk pilih barang apa yang lagi aku butuhkan, aku langsung pilih sterilizer. Aku pilih sterilizer merk crown yang 9 in 1. Aku pilih sterilizer ini karena harganya terjangkau banget dan fungsinya banyak :

  • steril sampai 6 botol dan perintilannya
  • ngangetin makanan dan ASIP
  • rebus telur
  • ada timernya
Jadi sterilizer ini ngebantu banget untuk aku sterilin perlengkapan pumping (jadi aku bisa ngerjain kerjaan lain, ngga perlu steril manual agi) dan waktu baby K udah MPASI pun alat ini ngebantu banget buat aku angetin makanan baby K. Karena ada timernya juga, jadi aku bisa atur mau berapa lama angetin makanan baby K 😆


8. Niat yang amat sangat kuat

Naahh ini yang paling penting, NIAT! Karena pumping tuh banyak banget godaannya, entah males atau capek, atau payudaranya lagi sakit, atau kerjaan lagi banyak banget ngga bisa ditinggal 😂 Tapii in syaa Allah dengan niat yang amat sangat kuat, pumpingnya bisa tetep jalan 😆 Banyak banget buibuk yang berhenti pumping di tengah jalan dengan berbagai alasan. Apa pun alasan di balik mereka berhenti pumpingnya, tapi aku tahu itu pasti udah yang terbaik bagi mereka. Pokoknya apa pun itu, yang penting tetap menjaga kewarasan kita sebagai ibu 💓

P.S : jangan lupa baca update blog Andaruni bulan ini juga yaa

Semoga postingannya bermanfaat ya buibuk!

Thanks for reading!

With 💖,

NSW

3 comments:

  1. Setujuu! ice bag nya gabag waktu aku pindahan bandung jakarta juga asipku masih beku pas di unboxing 😍 daaan postingan ini bermanfaat jugaa nih buat stay at home mom kaya akuu. Makasihh banget Saraah 🤗🙏🏻

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok unboxing sih cem yutuber aja 😂 unpacking ahh 😂😂

      Delete
  2. Thanks for share mbak, artikelnya menarik..
    Kunjungi juga http://bit.ly/2JmA3tA

    ReplyDelete