Monday 6 January 2020

(Akhirnya) Menyapih Baby K

0

HAPPY NEW YEEAARR!


gif source : GIPHY

Udah lama banget ngga nulis di blog, karena entah kenapa idenya ngga muncul terus 😓 Dan akhirnya punya ide lagi untuk nulis setelah baca blognya annisast yang ini (langsung klik untuk baca yaa!)




pict source : Pexels

Jadi, udah beberapa bulan sempet galau kapan akan menyapih Baby K. Apalagi waktu giginya udah tambah banyak, sempet sakit banget putingnya karena sempet belah-belah akibat terkena gigitan Baby K ketika menyusui. Sempet kepikiran untuk menyerah, tapi akhirnya tetep dilanjut. Pernah juga terpikir untuk menyapih ketika DSA bilang ASIku udah ngga maksimal memenuhi kebutuhan kalori Baby K, tapi waktu itu tetep dilanjutkan. Beberapa hari sempet galau, mikirin gimana jika nanti akhirnya Baby K disapih (dan berujung jadi ngerasa sedih sendiri), karena banyak yang bilang kalau sebenernya yang disapih itu ibunya bukan anaknya 😂 Tapi entah ada kekuatan apa, ketika kemarin Baby K berusia 19 bulan, akhirnya proses menyapih itu berjalan dengan sendirinya. Berawal dari perasaan kalau Baby K tidak pernah kenyang ketika disusui ketika malam (karena aku hanya dbf ketika malam), akhirnya aku memutuskan untuk menyapihnya saja.

Kalau ditanya bagaimana perasaannya, ya ngga karuan. Ada sedihnya, karena merasa gagal ngga bisa menyusui sampai 2 tahun. Beberapa kali sempet kepikiran untuk menyusui Baby K lagi. Tapi setelah dipikir kembali, ini sudah jalan terbaik yang aku ambil.

Di hari-hari pertama proses menyapih, Baby K ngga bisa tidur nyenyak. Setiap jam bangun, mungkin ada rasa ngga nyaman karena biasanya sebelum tidur pasti aku susuin Baby K. Tapi karena kerjasama dengan suami, akhirnya terlewat juga masa-masa itu. Sekarang Baby K udah tau kalau dia udah ngga aku susuin lagi, jadi sekarang ritual sebelum tidurnya adalah minum susu UHT lalu minta tidur sambil dipeluk ibunya.

Mungkin ini salah satu post terpendek di blog ini, memang tujuan aku bikin tulisan ini hanya untuk pengingat mengenai proses penyapihan Baby K kalau nanti aku udah mulai lupa 😊

Thank you for reading!

With 💓,

NSW

0 comments:

Post a Comment