Tuesday 12 December 2017

Review for Our Lovely Vendors - Make Up, Foto, dan WO

2

Di review ini, aku mau review 3 vendor di #agungnadiajourney kemarin yang kita booking tanpa harus ribet. Karena vendor-vendor ini kita booking lewat full packagenya Tifa Catering. Jadi kita tinggal bayar ke satu vendor, semua vendor udah kebooking. Alhamdulillah dapet vendornya juga yang emang udah aku pengen dari dulu. Yuk mulai dijelasin satu per satu.

1. Yuyun Make Up & Belva Kebaya
Sekitar 4 tahun lalu, sepupuku menikah dan didandanin sama Teh Yuyun. Waktu itu aku langsung jatuh cinta sama make upnya dan sepupuku pun merekomendasikan banget Teh Yuyun karena beliau ramah dan hasil make upnya pun oke banget. Jadi memang udah lama banget aku berkeinginan kalau nikah nanti dimakeup sama beliau. Walau pun sempet beberapa bulan sebelum booking ganti-ganti keinginan untuk dimakeupin sama siapa, tapi akhirnya tetep Teh Yuyun. Dari awal ketemu sama Tifa catering, yang paling pertama aku wanti-wanti banget Tim Tifa buat booking adalah Teh Yuyun. Karena kata Tim Tifa kalau booking Teh Yuyun harus setaun sebelumnya dan aku waktu itu booking di bulan Oktober untuk bulan Agustus tahun depannya. Alesan aku buru-buru DP juga supaya Tim Tifa bisa secepet mungkin hubungin Teh Yuyun untuk booking dan alhamdulillah Teh Yuyun masih kosong di tanggal aku. Mungkin ini yang namanya rezeki ngga kemana 😆
Kalau kebaya, kenapa aku pilih belva, selain karena Teh Yuyun emang team MUAnya belva, juga karena aku udah naksir kebayanya belva dari hasil stalking IGnya. Dan waktu itu ketika aku anter sahabatku ke belva pun aku langsung yakin kalau nanti ketika aku nikah mau pake kebaya belva. Dan alhamdulillah kecapai juga keinginannya.
Waktu itu kita fitting sampe 3 kali saking semangatnya pilih-pilih kebaya (katanya biasanya orang lain kebanyakan hanya 2 kali 😆). Konsep warna kita waktu itu putih untuk akad dan maroon gold dengan sentuhan kain beludru untuk resepsi. Kita pengen menggunakan busana tradisional, jadi kita pilih untuk akad menggunakan adat Solo dan resepsi menggunakan adat Sunda. Jadi dari awal udah jelas konsepnya kalau akad aku akan menggunakan kebaya kutu baru dengan hiasan kepala seperti adat Solo (tanpa paes) dan resepsinya menggunakan siger Sunda. Alhamdulillah Teh Yuyun menyanggupi, malah nawarin mau menggunakan paes atau ngga nanti di akadnya yang tentu aja ngga akan menutupi nuansa Sundanya nanti ketika resepsi. Tapi setelah kita pertimbangkan, kita milih untuk ngga pake paes aja. Ketika fitting, Teh Yuyun dan teamnya bener-bener helpful banget. Ngga pernah keliatan cape atau judes walau pun aku minta ganti baju berapa kali, bawain ekornya dari tempat ganti baju ke depan kaca, dan fotoin kita untuk dokumentasi. Jadi kitanya pun merasa nyaman dan ngga ngerasa diburu-buru (padahal waktu fitting terakhir ada 3 capeng lainnya yang fitting juga dan teamnya Teh Yuyun tetep gercep banget ngurusin semuanya). Salut banget sama teamnya Teh Yuyun!
Waktu hari h pun banyak yang muji make up aku dan alhamdulillah aku juga suka banget sama hasilnya. Ketika didandanin sebelum akad pun aku ngga berasa grogi sama sekali karena Teh Yuyun dan teamnya ngajak ngobrol terus dan bikin waktu ngga berasa sampai akhirnya aku udah dipanggil ke bawah untuk siap-siap akad 💕
Ini foto-foto make up dan kebaya yang kita gunakan waktu hari h :


Jadi kesimpulannya untuk Teh Yuyun dan team : highly recommended! Semuanya puas bangeett pokoknya sama Teh Yuyun 💖

2. Nesnumoto
Untuk vendor foto, sebenernya ada beberapa vendor fotografi di Bandung yang aku keceng. Nanti kalau sempet akan kubahas di postingan lain ya. Nah salah satu vendor yang dikeceng adalah nesnumoto ini, karena setiap aku liat feed Instagram mereka banyak momen yang bisa mereka “tangkep” dengan baik. Dan menurutku salah satu yang penting dari fotografi adalah ketika fotografernya bisa nangkep momen dengan baik dan pas jadi ekspresi bahagia atau sedihnya bisa kerasa sama orang yang liat fotonya.  Selain itu, editannya juga ngga lebay (karena ada beberapa vendor fotografi yang editannya lebay dan malah bikin momennya ilang menurutku). Makanya ketika tau bahwa nes jadi salah satu vendor yang kerjasama dengan Tifa, tanpa ragu lagi aku langsung pilih nes sebagai vendor kita.
Waktu itu untuk penyesuaian jadwal prewed, aku ngobrol dulu dengan A Atif (owner Tifa) untuk booking jadwal nesnya, baru setelah itu aku ngobrol langsung dengan pihak nes untuk ngomongin konsep dll. Pertama kali ketemu dengan fotografernya, kita yang waktu itu cuma kebayang konsepnya “simple” aja, dibantu sama dia untuk lebih spesifik mau kayak gimana simplenya. Akhirnya tercetuslah ide untuk pake 2 tempat, 1 di studio nes dan 1 lagi di tempat makan es krim yang suka kita datengin (sebenernya harusnya kita hanya boleh foto di 1 tempat, tapi karena mereka baik banget jadinya kita boleh pake 2 tempat. Yeay!) Dan alhamdulillahnya tempat makan es krim kita -namanya Lick Over Lips btw buat yang penasaran- memperbolehkan kita untuk menggunakan tempatnya GRATIS (ini harus banget pake capslock dan dibold 😝) kalau kita menggunakan tempatnya <2 jam. Paling kita diminta beli es krimnya aja –yang pasti akan kita beli karena es krimnya enak dan murah!- kalau kita mau menggunakan tempatnya. Kecuali kalau mau pake tempatnya >2 jam maka bakal dikenain biaya sebesar Rp 300000 dengan bonus small ice cream untuk 5 cup yang menurutku worth banget, karena banyak tempat makan lain yang biaya penggunaan tempatnya lebih dari itu. Tapi mungkin ngga rame kalau di persiapan nikah ini ngga ada dramanya dulu ya, jadi di h-2 prewed tiba-tiba kita dikabarin ownernya kalau LOL baru kena hujan badai jadi bagian lantai 2nya mereka ambruk atapnya (padahal kita ngeceng banget lantai 2nya ini karena dindingnya kece banget buat tempat foto). Sebenernya dia bukannya ngelarang kita untuk pake tempatnya tapi dia yang ngga enak sama kita takutnya kita yang kecewa karena tempatnya kayak gitu. Tapi kita tetep milih di LOL karena kita udah ngeceng banget tempatnya (bahan sebenernya lantai 1nya juga udah kece untuk dijadiin tempat foto). Dan ternyata di hari h,lantai 2nya tetep bisa dipake! Walau pun ada debunya karena masih dalam tahap renovasi tapi berkat tim kecenya nes, di hasil fotonya ngga keliatan kalau kita foto di tempat yang lagi renovasi. Karena mereka pun waktu prewed yang sekitar 4 jam ngga berasa sama sekali karena mereka bisa bikin mood kita cair. Untuk filenya sendiri dikirim ke kita 1 minggu setelahnya dan kita bisa langsung tentuin mana file yang akan diedit dan dicetak untuk hari h nanti, sekaligus kita boleh pilih foto yang akan dibikinkan e-invitation sama mereka 💕 Untuk waktu editnya ngga sampe sebulan dan e invitationnya juga bisa kita minta revisi kalau ada bagian yang ngga sregnya.
Di hari pengajian, kita dikasih 2 fotografer merangkap videographer (biasanya salah satu fotografernya adalah yang nanganin prewed, tapi karena satu dan lain hal fotografernya waktu itu bukan yang fotoin kita waktu prewed). Karena aku mulainya setelah jumatan, mereka udah standby dari jam 11an untuk foto-foto persiapan pengajiannya. Mereka standby sampai acara pengajian selesai dan sebelum pulang mereka memastikan kalau acara foto-fotonya sudah selesai (ya namanya banyak ibu-ibu ya jadi pengen dikit-dikit jepret), jadi ketika dari aku udah oke baru mereka akan pulang.
Nah untuk hari h kita dikasih sekitar 5 crew mereka udah dengan videographer dan udah standby sejak jam setengah 6an tapi baru mulai ambil foto ketika aku udah dipakein kerudung. Jadi tenang aja buat yang pake kerudung, karena mostly fotografer mereka laki-laki, mereka ngga akan mulai foto sebelum ada aba-aba dari kitanya. Mereka selalu standby dimana pun pengantin ada, sampe aku mikir kapan mereka makannya 😣  Dan selama kita lagi dimakeup, fotografer mereka dengan baik hatinya bisa cairin suasana dengan ngajak aku ngobrol atau ngajakin bercanda jadi waktu nunggu akad yang seharusnya tegang jadi menyenangkan karena jadinya ketawa terus dan tiba-tiba aja udah dipanggil untuk turun ke bawah. Untuk filenya waktu itu dikirim sekitar 2 minggu setelah hari h dan proofing albumnya di h+sebulan. Albumnya sendiri dijanjiin jadi di h+80 (semoga ngga molor). Pokoknya salut banget dengan timnya nes, dari mulai adminnya yang gercep dan ramah banget (namanya Teh Lita tapi sayangnya sekarang udah resign) sampai tim fotografernya (a very big thanks to Kang Bimo, Kang Abo, Teh Asti, dan crew lainnya) yang selalu dengan sabarnya fotoin kita yang kaku karena ngga biasa difoto ini. Oya untuk harga, menurutku masih terjangkau banget dengan hasil yang luar biasa. Bisa dibilang  harga minimal hasil maksimal. Pokoknya ngga nyesel udah milih nes sebagai vendor  buat capture moment membahagiakan kita 😄


Berikut hasil foto-foto kecenya nes :

pre-wed





hari h



3. Araminta Wedding Organizer
Pertama kali aku dan Aa ketemu sama WOnya itu di kurang dari 2 bulan pernikahan kita dan langsung sama ownernya, yaitu Teh Dian Mustaram. Awalnya kita kira terlalu mepet kalau baru ketemu wo dan ngomongin konsep acara saat hari h-nya udah deket, tapi Teh Dian meyakinkan kita kalau ngga masalah jika kita baru ngomongin konsep di tanggal segitu. Dan ketika ketemu pun Teh Dian emang langsung menjelaskan segala sesuatu hal yang harus dipersiapkan untuk pengajian dan hari h, karena Teh Dian udah biasa kerjasama dengan Tifa Catering jadinya paket yang dia jelaskan adalah sesuai dengan paket yang kita dapet dari Tifa (jadinya ngga usah koordinasi 2x, yeaaay!). Ngobrol sama Teh Dian ini nenangin banget, mungkin karena udah terbiasa menghadapi para capeng yang banyak panik dan cemasnya, jadi teh Dian selalu ngasih saran-saran yang dibutuhin sama kita.
Ketika meeting terakhir bareng keluarga dan beberapa pic pun, Teh Dian bisa dengan tenangnya jadi penengah di antara semuanya. Dan tentu aja suara yg paling didenger adalah suara capengnya, jadi kalau pun ada beda pendapat, Teh Dian pasti akan langsung menyerahkan ke capengnya mau seperti apa. Pokoknya capeng harus ngerasa kalau memang acara ini adalah acaranya mereka, jadi konsep yang akan dilaksanakan waktu hari h pun sepenuhnya sesuai dengan request capeng.
Waktu pengajian dan siraman, Teh Dian dan timnya udah stand by dari jam 10:30 (karena acara pengajian dan siraman akan mulai jam 13:00) dan langsung melanjutkan apa yang sudah dikerjakan tim Tifa catering malam sebelumnya (dekor udah dipasang sejak magrib, satu hari sebelum acara). Jadi aku tinggal duduk manis dan mengikuti acara, sisanya pasrahin aja sama Teh Dian dan tim. Dan alhamdulillah acara berjalan lancar tanpa ada hambatan yang berarti.
Saat hari h, Teh Dian dan tim udah stand by sekitar jam 05:30 dan mulai memastikan semua persiapan sudah selesai. Salah satu crewnya baru mulai mendampingi CPW saat make up sudah mau selesai, tapi sebelumnya juga Teh Dian kasih informasi saat CPP sudah sampai lokasi. Saat mau ke lokasi akad, crewnya araminta selalu sigap dengan segala kebutuhan aku. Saat akad pun semua crew terlihat siap di posisinya masing-masing dan dengan sigap membereskan segala macem kebutuhan untuk kelancaran acara akad. Sampai acara upacara adat (nincak endog, sawer, huap lingkung, dll) pun berlangung lancaar, walau pun ada sedikit kejadian-kejadian di luar dugaan tapi araminta berhasil membuat acaranya tetep menyenangkan.
Ketika resepsi, semuanya diatur dengan baik. Dari mulai pengantin masuk, antrian salaman, antrian foto, semuanya diatur dengan apik banget dengan tim mereka. Ngga lupa juga di tengah-tengah acara, crewnya araminta memberikan minum dan makan ke aku dan Aa (karena jadi pengantin kan pasti capee karena berdiri terus, sedikit haus dan laper juga), karena ternyata ada pengantin yg kelupaan dikasih minum dan makan sama wo-nya! Duh ngga kebayang deh kelaperan dan kehausan di atas pelaminan 😅
Over all, sampai akhir acara semuanya berjalan sesuai ekspektasi kita. Keluarga kita pun puas karena semuanya terkoordinir dengan baik banget berkat araminta wo, dan kita ngga nyesel sama sekali karena udah kerja sama dengan mereka. Oh ya, satu poin plus juga untuk araminta adalah mereka perhatian ke detail sampai ke pakaian yang mereka kenakan ketika hari h. Ketika akad, crew araminta menggunakan baju putih dan bawahan batik. Dan saat resepsi, crew araminta semuanya menggunakan baju dan bawahan berwarna hitam. Pokoknya kita berdua terima kasih banget sama araminta yang berhasil membuat #agungnadiajourney berjalan dengan sangat baik 💖

2 comments:

  1. Buat kalian yg lagi mau persiapan pernikahan tapi masih bingun untuk cari gedung beserta paketannya HIS BALAI SARTIKA jawabannya karna disini kamu bisa mewujudkan mimpi kamu untuk menikah dan juga kamu ga perlu ribet urus sana sini sendiri karna ada WEDDING CONSULTANT yg bakalan urusin pernikahan kamu selain itu kamu juga bakalan dapet WEDDING PLANNER yg nenemin kamu buat ketemu vendor-vendor terbaik di bdg dan jangan khawatir yg lebih penting kamu bisa dapetin PROMO MENARIK di minggu ini tunggu apalagi yuuu buruan hub dini (087804563524) WA dan kepoin instagram dhiny.his balai sartika dan HIS_balaisartika BOOKING CUMA RP 5JUTA aja kamu udah dapetin pernikahan impian kamu dan ada acara OPEN HOUSE minggu ini di Gedung BALAI SARTIKA kapan lagi kamu dapet kesempatan bagus kaya gini ayoooo tinggal hubungi no di atas untuk dapetin semua keuntungan dalam satu pintu.

    ReplyDelete
  2. Buat kalian yg lagi mau persiapan pernikahan tapi masih bingun untuk cari gedung beserta paketannya HIS BALAI SARTIKA jawabannya karna disini kamu bisa mewujudkan mimpi kamu untuk menikah dan juga kamu ga perlu ribet urus sana sini sendiri karna ada WEDDING CONSULTANT yg bakalan urusin pernikahan kamu selain itu kamu juga bakalan dapet WEDDING PLANNER yg nenemin kamu buat ketemu vendor-vendor terbaik di bdg dan jangan khawatir yg lebih penting kamu bisa dapetin PROMO MENARIK di minggu ini tunggu apalagi yuuu buruan hub dini (087804563524) WA dan kepoin instagram dhiny.his balai sartika dan HIS_balaisartika BOOKING CUMA RP 5JUTA aja kamu udah dapetin pernikahan impian kamu dan ada acara OPEN HOUSE minggu ini di Gedung BALAI SARTIKA kapan lagi kamu dapet kesempatan bagus kaya gini ayoooo tinggal hubungi no di atas untuk dapetin semua keuntungan dalam satu pintu.

    ReplyDelete