Tuesday 19 May 2020

How to keep us sane in this pandemi

1

Di tengah ketidakpastian karena pandemi ini, setelah hampir 3 bulan menjalani physical distancing dan berbagai protokol kesehatan (jaga jarak, cuci tangan, #DiRumahAja), perlahan-lahan kita coba beradaptasi. Walau pun rasanya masih aneh ngga bisa ke mall kalau weekend, tapi udah ngga terlalu stress seperti sebulan lalu. Tetep sih kangen banget ke mall, dan kangen... pulang kampung! Semakin deket ke lebaran, semakin kerasa kangen banget sama kampung halaman. Kangen banget sama keluarga di Bandung dan semua tentang Bandung pokoknya. Bahkan sekarang tuh lagi seneng banget liatin postingan tentang Bandung yang suka seliweran di timeline di twitter atau instagram, sengganya lumayan ngobatin rasa kangen dengan suasana Bandung (oh, how much i miss Bandung! wish can go there soon). Terus aku iseng cek travel blogger terus nemu blognya PergiDulu dan di situ banyak banget bahas tentang coffeeshop di Bandung. Meski pun bukan penikmat kopi, tapi karena bahasannya tentang Bandung, aku jadi bacain satu-satu dan mulai kabita pengen ke sana nyobain kulinernya 😂

Di saat masih banyak banget warga Indonesia yang menyepelekan virus ini (teori konspirasi lah, ngeyel tetep berkerumun, keukeuh mudik dll) ditambah keputusan pemerintah yang semakin ke sini semakin bikin geleng-geleng kepala dan menghela napas panjang, menurutku memang yang bisa dijalankan sekarang hanya menjaga diri sendiri dan keluarga. Aku saat ini bahkan lagi di fase : udah ngga mau lagi denger kebijakan nyeleneh apalagi yang dikeluarkan pemerintah. Yang penting aku, keluarga, dan orang-orang terdekat menjaga diri masing-masing supaya terhindar dari virus corona ini. Nah supaya menjaga kewarasanku di tengah pandemi ini, aku melakukan hal-hal di bawah. Silakan dibaca yaa, siapa tau ada yang lagi bingung mau ngapain lagi supaya tetep waras 😆

1. Cari kegiatan menyenangkan

Di tengah keadaaan yang serba bikin stres ini, salah satu cara supaya kita bisa tetep namaste adalah cari kegiatan menyenangkan. Bisa jadi olah raga, dengerin musik, main game, nonton series, dll. Kalau aku sih tentu aja, ngedrakor! (Btw, jangan lupa baca postingan rekomendasi drakor dari aku ya!) 😜 Kalau lagi ngga bisa nonton, biasanya aku dengerin podcast yang isinya bercandaan supaya otak fresh lagi. Untungnya di spotify udah banyak banget yang upload podcast, jadinya bisa tinggal klik langsung play deh~ Di tengah kondisi normal aja kita pasti tetep butuh waktu untuk mengerjakan kegiatan yang menyenangkan, apalagi di masa pandemi ini kan. Jadiii, yuk jangan lupa buat nyenengin diri sendiri!

2. Curhat sama pasangan dan sahabat

Untukku yang seneng banget cerita, curhat sama pasangan dan sahabat tuh salah satu caraku untuk tetep waras. Kalau sama suami kan alhamdulillahnya bisa ketemu setiap hari, jadi bisa curhat kapanpun. Nah walau pun lagi ngga bisa ketemu sahabat, tapi alhamdulillahnya di tengah digitalisasi sekarang ini jadi memudahkan banget untuk komunikasi. Dari bahas hal yang penting, sampe ngga penting banget juga dijabanin~  Kalau yang males texting, cobain deh di waktu kosongnya ajakin shaabat-sahabatnya vidcall. Sengganya bisa ngurangin rasa kangen karna sementara waktu ngga bisa ketemu dulu.

gif source : GIPHY

3. Terima keadaan diri

Aku pernah nemu kata-kata ini di twitter :

Lagi ngga bisa berpikir positif? Ngga apa-apa kok. Udah bisa bertahan pun udah bagus banget.

Dan aku setuju banget. Ngga usahlah memaksakan diri untuk selalu berpikir positif, memang ada waktunya juga kita ngerasain pesimis, ngga semangat, dan berbagai emosi negatif lainnya. Menurutku hal itu wajar banget, asalkan ngga dibiarin lama-lama. Nah nanti kalau udah ngerasa waras lagi, baru deh kita usahakan lagi buat berpikir positif 😉

4. Pergunakan tombol unfollow atau mute

Kalau ada temen atau list following kita yang udah mulai  mengganggu kewarasan kita di tengah pandemi ini, jangan ragu lagi buat menggunakan fasilitas tombol unfollow atau mute di medsos kita. Karena diri kita sendiri yang tau sebatas apa diri kita bisa mencerna informasi yang diberikan orang lain, apakah baik untuk diri kita atau ngga saat ini. Contohnya : aku sampai mute salah satu list followingku yang sering banget (kayaknya hampir setiap hari deh) share info tentang covid ini, dengan bahasa yang mengindikasikan kalau pemerintah selalu salah dengan kebijakannya (well, aku juga emang ngga puas sih sama kebijakan yang akhir-akhir ini dijalanin pemerintah) dan bahasanya pun ngga "masuk "di aku. Dan karena sering baca update sosmednya dia itu bikin aku malah jadi tambah stres, bukannya jadi terbuka dengan info mengenai covid ini. Jadi aku memilih untuk mute sementara akun sosmed temenku itu, sampai nanti aku merasa bahwa aku udah siap untuk mencerna informasi dari dia lagi.

5. Ngelakuin hobi yang sempet dilupakan

Ayo coba diinget, ada ngga hobi yang dulu sering banget dilakuin tapi beberapa tahun ini ngga dilakuin karena sibuk banget terus jadi ngga sempet? Nah mumpung sekarang ada waktu, coba dilakuin lagi deh! Kalau aku, hobiku yang sempet terlupakan adalah beli dan baca novel. Beberapa taun ini udah jaraaang banget beli novel, kalau baca sempet sih beberapa kali (walau pun tetep jarang banget!). Nah kebetulan banget beberapa minggu lalu Gramedia nyelenggarain diskon pembelian buku online. Dan karena di-approve suami, langsung deh aku beli novel. Seneng banget bisa ngerasain lagi gimana senengnya buka plastik buku baru dan cium wanginya 😆

Oh ya, jangan lupa baca postingannya Andaruni juga ya! Kalau ada yang mau kasih saran lain supaya bisa tetep waras menjalani kehidupan di tengah pandemi ini, share di kolom komen ya~

Thanks for reading!

With 💓,

NSW


1 comment:

  1. Huhuhu yang terima keadaan diri bikin nyesss 🥺 makasihh udah berbagi tipsnya sissst 🤎

    ReplyDelete