Friday 23 August 2019

My pregnancy story

1



Di postingan aku beberapa bulan yang lalu, aku pernah share tentang pengalaman melahirkan dan persiapan menyambut newborn baby (boleh diklik linknya yaa untuk baca postingannya). Nah di postingan #amiaricollab kali ini, aku dan Andaruni mau share tentang pengalaman hamil waktu itu. Boleh baca postingan Andaruni juga tentang pengalaman hamilnya yaa!

Di postingan tentang persiapan menyambut newborn baby aku udah cerita kalau alhamdulillahnya aku dan suamik langsung diberikan anugerah berupa kehamilan ketika baru sekitar 1 bulanan menikah. Perjalanan kehamilanku dimulai dengan pencarian obgyn, dan setelah beberapakali tanya sana sini akhirnya aku memutuskan untuk memilih dr Fitria Rezianne, SPOG. Selama konsul dengan beliau, beliau menjelaskan dengan jelas dan selalu mau jawab pertanyaan-pertanyaan kami dengan baik. Tapi pasiennya banyaaak banget, jadi dulu aku dan suamik selalu pergi pagi banget supaya kami ngga perlu antri lama-lama untuk konsul sama beliau.

Di bulan-bulan awal kehamilan, sama seperti kebanyakan ibu hamil lainnya, aku merasakan mual. Alhamdulillahnya ngga terlalu parah mualnya (karena aku denger cerita ada beberapa orang yang mualnya sampai ngga bisa masuk nasi, bahkan minum air putih pun mual sampai bikin muntah 😖). Aku hanya ngga mood makan-tapi laper-tapi ngga mood, gitu aja terus selama kurang lebih 4 bulan 😂 Sempet ngidam pengen makan jagung rebus (karena waktu itu males banget makan nasi), eh pas udah beli jagungnya, cuma makan 4 gigit terus udah deh ngga mau makan lagi. Untuung lagi hamil jadi tingkah lakunya "ajaib" pun ngga masalah 😆

Selama hamil, aku ngga pernah ngidam aneh-aneh. Cuma pernah ngidam pengen makan black forest aja (dan emang bertepatan dengan hari ulang tahunku), sisanya suamik yang ngidam. Biasanya, suamik bukan tipe orang yang harus makan makanan yang dia mau, kalau misal dia lagi pengen sesuatu tapi ngga ada, dia ngga pernah maksa. Tapi waktu aku hamil, setiap makanan yang dia pengen harus dibeli hari itu juga 😂 Kebiasaanku waktu hamil pun ngga ada yang berubah drastis, hanya aja di akhir kehamilan tiba-tiba pengen namatin novel Harry Potter padahal dulu aku males banget nerusin baca novel itu dari buku ke-4 sampai ke-7. Tapi pas hamil waktu itu, aku dengan senang hati baca novel Harry Potter sampai tamat dan ngulangin nonton filmnya juga 😆

Di trimester 2 alhamdulillah kehamilanku berjalan lancar, baby K pun berkembang sesuai dengan usianya. Oh ya, ada 1 hal yang dikhawatirkan oleh ibuku ketika aku hamil, yaitu berat badanku yang ngga naik drastis (bagi beliau, orang hamil tuh biasanya naik belasan kilo sedangkan aku selama hamil sampai trimester akhir hanya naik sekitar 7-8 kg aja). Tapi alhamdulillahnya ketika kekhawatiran itu kami tanyakan ke dr Fitria, beliau bilang kalau kami ngga perlu khawatir karena yang penting babynya berkembang sebagaimana mestinya.

Di trimester 3, baru deh "nikmatnya" hamil aku rasain. Tiba-tiba pas usia kehamilanku 7 bulan, aku ngerasain sakit di bagian tulang selangkangan kiri yang bikin aku ngga bisa jalan, mau bangun dari duduk atau tidur pun susaaah banget, solat juga harus di kursi karna ngga kuat bangun untuk takbiratul ikhram dari posisi sujud atau tahiyat 😭 Awalnya aku cek ke bidan dan dikasih vitamin, aku lupa kapsulnya untuk vitamin apa tapi ternyata udah 2 hari ngga membaik. Akhirnya aku cek ke obgyn di Hermina Grand Wisata dan disarankan untuk ke bagian rekam medis. Setelah aku konsultasi ke dokter bagian rekam medis, aku disarankan untuk fisioterapi. Dokternya waktu itu ngga ngejelasin secara spesifik apa nama kondisi yang lagi aku alamin, dokternya hanya bilang kalau kemungkinan rasa sakit aku terjadi karena kondisi bayi yang tambah mendorong ke bawah dan mungkin posisi aku waktu itu lagi ngga bagus yang bikin aku jadi sakit dan ngga bisa jalan.

Ketika fisioterapi, aku dipasang alat di bagian yang sakit dan dialiri semacam aliran listrik gitu. Sekali sesi kira-kira 10-15 menit dan aku diterapi sebanyak 6x kalau ngga salah. Setiap selesai fisioterapi, memang aku ngerasanya jadi jauh lebih baik. Memang ngga bikin aku bisa jalan seperti biasa kayak sebelum sakit, tapi sengganya aku bisa jalan sendiri ngga perlu dibantu orang lain. Kata orang-orang, aku jalannya jadi kayak pinguin, kaku banget 😂 Tapi sengganya waktu itu udah bisa jalan pun alhamdulillah bangeet.

Tapi di usia kehamilan 8 bulan lebih, tiba-tiba aku kena wasir dan bikin aku jadi susah jalan lagi 😅 Memang sebelumnya aku susah pup sih dan waktu itu dan jadinya agak ngeden ketika pupnya (maaf ya kalau agak jijik) yang berakibat aku jadi kena wasir. Akhirnya ketika kontrol aku dikasih obat dan alhamdulillahnya bisa bikin aku ngga kesakitan lagi ketika jalan 😂 Memang banyak yang bilang kalau bumil suka susah pup, makanya disuruh makan yang banyak seratnya. Pelajaran banget untuk aku kalau nanti hamil lagi 😆

Oh ya, untuk yang sekarang lagi hamil dan ngalamin ngga bisa jalan dengan alasan yang sama kayak aku, tenang aja waktu ngelahirin tetap bisa membuka dengan lebar kok kakinya (karena waktu itu bahkan untuk pindah posisi kaki ketika tidur pun sakiit dan bikin aku jadi khawatir apakah ketika lahiran nanti bisa buka kaki yang lebar) dan ketika lahiran langsung hilang deh sakit kakinya. Jadi ngga perlu khawatir yaa!

Thank you for reading!

With 💓

NSW

1 comment:

  1. Jadi waas aku dulu panik juga naik bb nya sama kaya nasar 😂 untuuuung dapet sharing dr nasar, my-pregnancy-parenting-dictionary 🤗🤗

    ReplyDelete