Thursday 13 June 2019

List rekomendasi kuliner buat yang lagi iseng ke Taman Kopo Indah

1

Selama 22 tahun hidup di Bandung (atau lebih tepatnya Kopo), sering banget orang-orang ilfeel kalau aku udah bilang kalau aku tinggal di Kopo. Memang Kopo dari dulu identik dengan macetnya (and i hate to say this but i have to admit it 😌), jadi orang-orang pada males sama Kopo. Makanya waktu kemarin tol soroja akhirnya dibuka, aku seneng bangeet. Karena bener-bener ngaruh banget ke traffic ke rumah orang tua (thank you so so so much, Pak Jokowi 😄). Nah jadi untuk kalian yang selama ini males ke Kopo karena macet, hey udah ada tol soroja yang sangat memudahkan akses ke Kopo looh! Jadi siapa tau kalian lagi iseng-iseng ke Kopo (tepatnya Taman Kopo Indah), berikut beberapa rekomendasi kuliner yang enak di Taman Kopo Indah :

1. Mie Yamin Kiran
Sampai saat ini, mie yamin Kiran masih jadi yamin terenak di TKI. Alamat lengkapnya di Taman Kopo Indah 1 Blok B-5Update terakhir harganya 20000 seporsi. Isinya bisa baso/babat/pangsit/ceker. Yaminnya bisa manis, asin, atau kuah. Di atasnya ditabur daging ayam dan bawang goreng + seledri (untuk yang suka, kalau aku selalu skip karna ngga suka rasanya). Oh ya, dikasih kerupuk kulit juga (kalau orang Sunda bilangnya dorokdok) dan ada pangsit goreng yang dijual terpisah, harganya 1000. Selain itu, kalau masih beruntung suka ada pisang yang digantung yang bisa kita ambil gratis (1 orang dapet 1 pcs yaah jatahnya). Kalau bisa, datengnya sebelum makan siang supaya menunya masih komplit. Soalnya kalau dateng kesiangan, suka ada beberapa yang udah abis 😂 Ini penampakan yamin kiran :


note : pics from google

2. Bubur Ayam Seberang Bina Bakti
Ini bubur yang enak, banyak, dan muraahh! Lokasinya di seberang sekolah Bina Bakti, di samping alfamart. Bukanya pagi sampai mungkin sekitar jam 10an. Kalau bubur porsi standar, isinya bubur + suwiran ayam + potongan cakwe + taburan bawang goreng & seledri (again, aku skip ini). Harganya 8000 kalau ngga salah. Kalau mau ditambah 1 telor juga bisa, harganya jadi 10000. Atau bisa juga ditambah pepes ati ampela (untuk ini harganya aku kurang tau karena ngga pernah beli ati ampela, tapi kurang lebih 10000-12000 kayaknya). Dan porsinya banyaak banget, sampe-sampe menurutku perbandingan kuantitas bubur + toppingnya 1:1 saking banyaaak banget topping yang dikasihnya. Rasanya juga ngga perlu diraguin, buburnya sendiri udah gurih karena udah dikasih kaldu. Jadi misalnya mau beli bubur polos, tanpa banyak topping pun dijamin enaak!

3. Lumpia Basah "Si Thole"
Lokasinya ada di samping koramil TKI. Selain lumpia basah, tempat ini jualan soto sulung sama bakpau chik yen juga. Untuk harga lumpianya murah, berkisar di 10000-18000. Biasanya kita belinya lumpia basah ayam, harganya 13000. Dan ayamnya juga dikasih banyak, bukan yang asal suwir sampe ngga berasa ayamnya 😃 Rasanya juga enaak, kalau yang suka pedes kayak suamik, di Thole ini bisa ngasih sampe yang level super pedes dan pedesnya enak bukan yang pedes pait. Seperti lumpia basah pada umumnya, di dalem lumpia basahnya ada rebung + toge + telor. Porsinya juga cukup lah untuk kita yang mau ngemil-ngemil sebelum jam makan.

4. Kuliner di Depan Pasar Segar Taman Kopo Indah
Biasanya bukanya mulai sore dan akan mulai rame setelah magrib. Konsepnya makanan tenda gitu, jadi di halaman pasar segarnya berjejer tenda-tenda makanan. Ada bakmi, sate padang, ayam goreng, sea food, dimsum, dll. Aku pernah makan sate padangnya dan enak. Harganya 24000 udah dapet sate daging 10 tusuk + 2 buah ketupat dan kuah sate yang melimpaaah banget. Pernah juga makan di salah satu tenda sea food (karena yang jualan sea food ngga cuma 1), kita pesen capcaynya dan enak juga dengan harga yang masih masuk kantong (aku agak lupa harganya tapi kalau ngga salah berkisar antara belasan ribu sampai di bawah 25000). Dulu di sebelah tenda sate padang ada yang jual kue balok yang rasanya 11-12 sama kue balok Kang Didin yang di jalan Abdul Rahman Saleh, Bandung. Tapi kemarin kita ke sana udah ngga ada, diganti dengan gerobak bubur. Sayang bangeet padahal enaakk kue baloknya 😣

5. Martabak Sinar Bangka
Sampai saat ini, martabak ini tuh masih jadi martabak terenak nomer 1 buatku. Bahkan aku lebih suka ini daripada san fransisco atau andir. Tapi ini masalah selera sih ya, mungkin karena dari kecil aku udah terbiasa dengan cita rasanya martabak sinar bangka ini makanya buatku rasanya paling enak. Harganya kalau ngga salah >50000. Emang agak mahal, tapi sebanding dengan rasanya karena bahannya pun terjamin. Martabaknya ada yang asin dan manis, duaduanya juaraa enaknya! Untuk yang manis ada 2 pilihan : biasa dan spesial (pake wysman), untuk martabak asinnya ada 2 pilihan : ayam dan sapi. Oya lokasinya disebelah bank BNI TKI, hampir mau keluar TKI arah kopo.

Untuk sekarang, sekian dulu rekomendasi kulinernya. Nanti kalau aku nemu kuliner enak lagi, aku update lagi listnya. Semoga membantu yaa buat kalian yang mau wisata kuliner di Taman Kopo Indah 😄

Thank you for reading!

Love,
NSW

1 comment: